Pelatihan Kawasan Berikat untuk Pengguna Jasa

Pelatihan Kawasan Berikat untuk Pengguna Jasa

KPPBC TMP A Purwakarta gelar pelatihan kawasan berikat kepada pengguna jasa di lingkungan KPPBC TMP A Purwakarta yang meliputi perusahaan kawasan berikat di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Subang. Kepala KPPBC TMP A Purwakarta, Siswa Murwono dalam kegiatan pelatihan kawasan berikat menjelaskan kepada para peserta pelatihan bahwa dengan kegiatan ini para pengguna jasa dapat memahami kegiatan kepabeanan dan cukai dengan benar sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan masyarakat Indonesia siap dengan persaingan ekonomi internasional.

Pelatihan kawasan berikat ini diselenggarakan dibeberapa perusahaan sesuai dengan kelompok perusahaan tiap kabupatennya, pembagian kelompok berdasarkan wilayah perusahaan diharapkan memudahkan peserta menuju lokasi pelatihan. Pengisi materi pada pelatihan diisi langsung oleh pegawai Bea dan Cukai Purwakarta, yaitu dari Seksi PLI, PKC, Perbendaharaan, PDAD, P2, dan Kepatuhan Internal. Peserta yang mengikuti acara ini tidak hanya dari bidang Exim (Ekspor-Impor) saja, namun diikuti juga dari bidang HRD, IT, engineering, accounting, dll. Para peserta memberi sambutan dan mengikuti acara dengan baik.

Sebelum memulai pelatihan, peserta harus menjawab soal pre-test terlebih dahulu. Pre-test ini dilakukan untuk mengukur seberapa paham peserta terhadap peraturan kepabeanan dan cukai khususnya tentang kawasan berikat. Kemudian materi yang meliputi perijinan kawasan berikat, jaminan, aplikasi dan arsip dokumen kawasan berikat, sanksi dan hukuman terhadap pelanggaran yang terjadi, serta materi mengenai gratifikasi disampaikan kepada peserta pelatihan kawasan berikat. Selama dua hari materi tiap seksi diberikan, selanjutnya peserta menjawab soal post-test untuk mengetahui perkembangan setelah mendapat materi dari pejabat bea dan cukai.

Kegiatan yang bersifat “jemput bola” ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan seputar peraturan kawasan berikat kepada pengguna jasa di lingkungan KPPBC TMP A Purwakarta dan menjalin hubungan yang baik antara bea dan cukai dengan pengguna jasa. Pelatihan pengguna jasa merupakan upaya dari KPPBC TMP A Purwakarta untuk terus mendukung kawasan berikat, karena kawasan berikat merupakan wadah untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan perindustrian di Indonesia

SALAM CITRA!

-Ria, PLI BC Purwakarta-