Luncurkan Aplikasi ExSIS, Bea Cukai Mudahkan Pengguna Jasa

Luncurkan Aplikasi ExSIS, Bea Cukai Mudahkan Pengguna Jasa

Suasana Pelatihan

Purwakarta (29/04) — Bea Cukai  telah mengembangkan sistem aplikasi di bidang cukai dengan menggunakan platform baru yang dinamakan dengan aplikasi Excise Services and Information System / Sistem Aplikasi Cukai Generasi 3 (ExSIS / SAC 3) dalam bentuk ExSIS Inhouse dan ExSIS Online.

Sambutan Kepala Kantor

Aplikasi ini secara bertahap akan diterapkan secara penuh di seluruh Kantor Bea dan cukai. Untuk itu Bea Cukai purwakarta bersama Tim dari Direktorat Teknis dan Fasilitas Cukai dan Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai (IKC) mengadakan asistensi dan pelatihan ExSIS Online dan ExSIS Inhouse. Acara ini dihadiri oleh pengguna jasa di bidang cukai serta para pegawai bea cukai purwakarta. Bertempat di Ruang Media Center KPPBC TMP A Purwakarta, acara diawali dengan sambutan Kepala KPPBC TMP A Purwakarta, Guntur Cahyo Purnomo. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Didit Rudy Setiawan selaku Kepala Seksi Pengembangan Sistem Informasi I, Direktorat Informasi Kepabeanan dan Cukai, mengenai tata cara penggunaan sistem aplikasi, sekaligus diskusi terbuka dengan pengguna jasa.

 

SAC1 dan SAC2 yang saat ini disempurnakan menjadi ExSIS/SAC3 bertujuan untuk meningkatkan efisiensi waktu para pengguna jasa di bidang cukai. “Nantinya, aplikasi ini akan mempermudah pengguna jasa dalam transaksi di bidang cukai”, tutur Didit Rudy Setiawan. Transaksi yang dapat dilayani secara online diantaranya penyediaan dan pemesanan pita cukai (P3C), penyediaan pita cukai (CK-1/1A), sistem pelaporan hasil produksi cukai (CK-4), dan pelindung dokumen pengangkutan cukai (CK-5/CK-6).

Pegawai Beri Pengarahan

Kegiatan berlangsung selama 3 hari, pada tanggal 24 – 26 April 2019. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat  memudahkan pelayanan cukai,  memudahkan pengelolaan data cukai, serta dapat menerapkan aplikasi ExSIS dengan baik dalam mengurus dokumen cukai.

 

#BeaCukaiPurwakarta

#BeaCukaiMakinBaik