Guna Sadar IKU dan Anti Korupsi, Beacukai Purwakarta Lakukan Sosialisasi

Guna Sadar IKU dan Anti Korupsi, Beacukai Purwakarta Lakukan Sosialisasi

Purwakarta (24/04/2019). Dalam rangka meningkatkan kesadaran pegawai Bea dan Cukai khususnya yang bertempat di KPPBC TMP A Purwakarta tentang pentingnya memahami serta mengelola Indikator Kinerja Utama (IKU) masing-masing, tim dari Seksi Kepatuhan Internal (KI) KPPBC TMP A Purwakarta mengadakan Sosialisasi Gerakan Sadar Indikator Kinerja Utama (IKU).

Sosialisasi ini termasuk dalam kegiatan Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (P2KP) yang berlangsung di Aula KPPBC TMP A Purwakarta. Pembicara tim Kepatuhan Internal, Andi Musadar Situmorang, menjelaskan bagaimana cara mengelola seluruh komponen IKU bagi masing-masing pegawai. Selain itu, beliau juga menekankan tentang “One Person One File”, yaitu tentang keharusan setiap pegawai Bea dan Cukai untuk memiliki masing-masing berkas komponen IKU seperti Manual IKU, Sasaran Kerja Pegawai (SKP), Capaian Kinerja Pegawai (CKP) dan lain-lain, serta bertanggung jawab atas data yang termasuk dalam IKU tersebut.

Selain Gerakan Sadar IKU, P2KP pada kesempatan ini juga mencakup Sosialisasi Gerakan Anti Korupsi yang disampaikan oleh Indra Wijaya sebagai Kepala Seksi Kepatuhan Pelaksanaan Tugas Pelayanan Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan tentang beberapa jenis pelanggaran yang termasuk dalam tindakan korupsi. Beliau juga menyampaikan hubungan antara tindakan korupsi dengan integritas dengan mengutip kata-kata Anies Baswedan, “Korupsi adalah gejalanya dan penyakitnya adalah kurangnya integritas”. Dari kutipan tersebut, dapat kita ketahui bahwa tindakan korupsi dengan integritas itu sangat berkorelasi. Untuk itu, kita harus selalu menjaga ‘stamina’ integritas kita agar tidak terserang penyakit ‘kekurangan integritas’. Dalam berorganisasi, usaha untuk menjaga ‘stamina’ integritas tidak hanya dilakukan oleh Seksi Kepatuhan Internal masing-masing kantor, melainkan oleh seluruh elemen yang berada di kantor tersebut agar kita dapat saling bahu-membahu menjaga moral dan nilai integritas kita khususnya dan umumnya di Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

 

#beacukai

#beacukaimakinbaik

#beacukaipurwakarta

#gerakanantikorupsi