Bea Cukai Purwakarta adakan Internalisasi Wise dan Teknis Pemeriksaan Barang

Bea Cukai Purwakarta adakan Internalisasi Wise dan  Teknis Pemeriksaan Barang

Purwakarta (17/07/2019). Bea Cukai Purwakarta melakukan internalisasi (transfer knowledge) mengenai whistleblowing system dan teknis pemeriksaan barang Tempat Penimbunan Berikat (TPB) di Aula Kantor Bea Cukai Purwakarta.

Kegiatan Internaliasasi ini dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan dibuka oleh Guntur Cahyo Purnomo selaku Kepala Kantor Bea Cukai Purwakarta. Berbeda dari internalisasi sebelumnya, kegiatan kali ini dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama membahas mengenai whistleblowing system yang diisi oleh Hartono selaku perwakilan dari seksi Kepatuhan Internal. whistleblowing system adalah media/sarana untuk pengaduan atau ketidakpuasan terhadap pelayanan. Beberapa contoh whistleblowing system antara lain, yaitu SIPUMA (Sistem Aplikasi Pengaduan Masyarakat), Wise, Contact Center Bravo Bea Cukai dan SMIP (Sistem Monitoring Integritas Pegawai).

Pada sesi kedua kegiatan internalisasi ini membahas mengenai Teknis Pemeriksaan Barang TPB. Kegiatan ini diisi oleh Benny Marcos Samosir selaku perwakilan seksi Intelejen Kantor Wilayah DJBC Jawa Barat. Pembahasan mengenai pemeriksaan barang itu sendiri adalah tindakan yang dilakukan oleh pejabat Bea Cukai yang ditunjuk guna mendapatkan data dan penilaian terhadap dokumen dan fisik barang. Pemeriksaan fisik barang itu sendiri dapat dilakukan di Tempat Penimbunan Berikat (TPB), Tempat Penimbunan Pabean (TPP), Tempat Penimbunan Sementara (TPS).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pejabat eselon IV, Pejabat eselon V dan Seluruh Pelaksana. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan kepada seluruh pegawai mengenai whistleblowing system dan Teknis Pemeriksaan Barang TPB.

 

#BeaCukaiMakinBaik

#BeacukaiPurwakarta